KEADAAN DAN CARA TERDAPATNYA MINYAKBUMI DALAM RESERVOIR ( bagian 2)



Namun dari semua data hubungan fluida di dalam reservoir dapat diperkirakan secara meyakinkan dan yang penting diantaranya adalah mengenai penyebaran air, minyak dan gas di dalam reservoir tersebut. Dan tak kalah pentingnya untuk diketahui adalah peranan air terutama sifat dari air formasi. Penyebaran vertical daripada air, gas dan minyak ditentukan oleh sifat fasa tersebut, antara lain :
Berat jenis, ini sangat dipengaruhi oleh kadar garam yang terlarut didalamnya. Susunan kimia zat terlarut sangat mempengaruhi berat jenis air.Berat jenis air formasi berkisar dari nilai 1,0 untuk air yang sangat tawar sampai 1,140 untuk air formasi yang mengandung 210.000 ppm garam. Berat jenis minyakbumi dapat berkisar dari 0,6 – 1,0 biasanya kurang dari 1,0. Berat jenis (specific gravity) gas biasanya dinyatakan sebagai perbandingan terhadap kerapatan jenis (density) udara. Berat jenis gas berkisar 0,061 – 0,965. Berat jenis gas jauh lebih kecil dari minyakbumi. Daya larut masing-masing fluida/gas Gas dapat larut dalam air dan daya larut gas rata-rata 20 kaki kubic setiap barrel pada tekanan 5000 psi.

Daya larut gas dalam minyakbumi lebih besar lagi dan biasanya berkisar dari beberapa kaki kubik sampai ribuan kaki kubik untuk setiap barrel. Daya larut gas dalam minyak ataupun air sangat tergantung daripada tekanannya, lebih besar tekanan lebih besar pula daya larutnya sampai dicapai suatu titik penjenuhan. Sebagai akibat sifat masing-masing jenis fluida maka pada umumnya dalam reservoir terdapat suatu stratifikasi daripada air, minyak dan gas.

Kapilaritas, besaran tekanan kapiler tergantung dari tegangan permukaan dan juga dari pelengkungan bidang permukaannya. Derajat pelengkungan daripada permukaan lengkung tersebut tergantung dari besar kecilnya pori batuan dan juga dari jenis fluida yang ada.Tekanan kapiler didapatkan jika dua fluida yang tidak dapat larut berada dalam persentuhan, hubungan tekanan kapiler ini dinyatakan dalam pengertian tegangan permukaan, sudut sentuh dan radius daripada pipa kapiler.

Dalam keadaan pori jenuh air dan adanya tekanan kapiler maka untuk dapat masuknya gas atau minyak ke dalam pori-pori diperlukan suatu tambahan tekanan yang dinamakan tekanan masuk (entry pressure) dan tekanan penggeseran (displacement pressure). Penjenuhan masing-masing fluida dalam batuan reservoir, di dalam suatu reservoir jarang sekali minyak terdapat 100 % menjenuhi lapisan reservoir.Biasanya air terdapat sebagai interstitial water yang berkisar dari beberapa persen sampai kadang-kadang lebih dari 50 % tetapi biasanya antara 10 – 30 %.


Besarnya penjenuhan air didalam reservoir minyak menentukan dapat tidaknya lapisan minyak itu diproduksikan. Penjenuhan air dinyatakan sebagai Sw (water saturation). Jika Sw lebih besar dari 50 % minyak masih dapat keluar akan tetapi pada umumnya harus lebih kecil dari 50 %.Tekanan reservoir minyak dan gas bumi terutama ditentukan oleh kedalamannya, makin dalam makin tinggi temperaturnya. Dilain fihak nilai dari temperature ini ditentukan oleh gradient panasbumi. Gradien panasbumi didefinisikan sebagai perbandingan antara temperature formasi dikurang dengan temperature permukaan tahunan rata-rata dibagi dengan kedalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa sih Peran Geofisikawan bagi dunia MIGAS????

Ilmu Geofisika berperan dalam membantu eksplorasi sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi. Termasuk bahan tambang yang berada...