HIDROKARBON GAS ATAUPUN GAS BUMI


Didalam reservoir gas bumi bisa terdapat sebagai larutan yang besar dalam jumlah yang sangat sedikit sekali sampai meliputi 100% dari reservoir.

Berbagai jenis gas bumi diantaranya:
  1. Gas bebas, yang merupakan fase bebas dari pada minyak bumi. Hanya terdapat pada bagian atas dari reservoir yang terisi minyak bumi

  1. Gas terlarut dalam minyak bumi. Karena gas dan minyak bumi adalah hidrokarbon, maka wajarlah jika jumlah gas yang larut dalam minyak bumi tergantung dari sifat kedua zat tersebut dan juga dari tekanan dan temperatur didalam reservoir. Semua minyakbumi yang terdapat didalam reservoir, mengandung gas dalam larutan dari hanya beberapa m3 hingga ribuan m3.

Untuk setiap m3 minyak bumi, jumlah gasbumi yang terlarut didalamnya dinyatakan dalam jumlah sedikit saja, maka gas dapat dipisahkan dari minyak segera setelah dihasilkan dari sumur pemboran, dalam suatu alat yang dinamakan gas-separator dan kemudian dibakar. Tetapi jika jumlahnya cukup banyak, gas tersebut dapat dipergunakan untuk diperdagangkan ataupun dipompakan kembali kedalam reservoir.

Jika suatu reservoir tidak memperlihatkan topi gas bebas(gas cap), berarti bahwa semua gas terdapat dalam larutan dan keadaan itu disebut tidak jenuh, sedangkan kalau gas terdapat sebagai topi gas bebas diatas reservoir, didapatkan suatu reservoir yang jenuh. Temperatur dan tekanan pada waktu gas itu mulai keluar dari larutan disebut titik gelembung (bubble point). Jika temperatur konstan, maka tekanan titik gelembung disebut titik jenuh. Selain itu gas dapat juga larutv dalam air, dalam jumlah yang dapat mencapai 20 m3 setiap m3 minyak pada tekanan 5000 psi.

  1. Gas tercairkan, dibawah kedalaman 2000 meter biasanya keadaan reservoir mempunyai temperatur dan tekanan yang tinggi, sehingga secarac fisik gas dan minyak bumi tidak bisa dibedakan. Dalam keadaan demikian didapatkan reservoir kondestant.


Susunan Kimia Gas Bumi
Metan (CH4) adalah hidrokarbon yang paling stabil dan merupakan penyusun utama bumi. Selain itu terdapat juga hidrokarbon lainnya dalam jumlah kecil seperti etan, propan, butan, pentan, heksan, dan dalam kasus tertentu juga hekten , oktan, dan nonan.

Hidrogen bebas jarang sekali didapatkan dalam gas alam kecuali didaerah yang bersifat volkanik sedangkan karbon monoksida dan gas yang tidak jenuh jarang sekali didapatkan. Metan merupakan senyawa yang selalu terdapat didalamnya dan tidak dapat dikondensasikan pada temperatur dan tekanan reservoir minyak, sedangkan yang lainnya bisa didapatkan sebagai cairan.kerapatan gas bumi berkisar dari 0.554 (untuk metan) terhadap udara sampai lebih tinggi dari pada udara untuk gas yang bersifat basah.

Umumnya berkisar antara 0.6 sampai 0.90 jika dibandingkan dengan udara. Gas bumi juga dibagi atas gas kering danm gas basah tergantung dari pada kadar cairan atau uap yang ikut didalamnya. Susunan kimia umum adalah sebagai berikut:
  1. Metan CH4, 82.3% (aktif)
  2. Etan C2H6, 14.4% (aktif)
  3. Karbon dioksida CO2, 0.5%
  4. Nitrogen N, 2.8%

Pengotoran Dalam Gas
Pengotoran utama disebabkan oleh kadar Nitrogen, Karbondioksida, dan Hidrogen sulfida dan juga helium dapat merupakan pengotoran yang terdapat dalam jumlah yang relatif sangat kecil. jika kadar CO2 dan Nitrogen besar maka gas tersebut mempunyai nilai yang lebih rendah karena juga nilai kalorinya menjadi lebih rendah.

Helium merupakan gas ringan, tidak berbau, tidak berwana dan merupakan gas mulia yang terdapat bersama-sama dengan gas alam pada keadaan temperatur normal. Kadang-kadang didalam gas alam kadar helium cukup tinggi untuk dapat diusahakan seperti yang didapatkan di AS yaitu dengan kadar berkisar antara 1-8%, juga di Uni Sovyet ada kemungkinan gas tersebut didapat bersama-sama dengan gas bumi.

Nitrogen, adanya kadar nitrogen yang tinggi dida;lam gas bumi mungkin sekali merupakan sebagian udara yang terperangkap dengan sedimen. Sedikit sekali dari nitrogen ini merupakan gas yang terbentuk dari zat organik sebagaimana diperkirakan.

Hidrogensulfida, biasanya terdapat bersama-sama dengan gas bumi. gas ini biasanya tidak berwarna dan memiliki bau yang tidak sedap. Gas bumi yang mengandung Hidrogensulfida walaupun dalam jumlah kecil tidak baik untuk dipergunakan sebagai bahan bakar umum, karena dapat meracuni dan menyebabkan korosi dalam pipa.

Pemakaian Gas Bumi
Gas bumi dewasa ini diusahakan untuk tujuan komersil. Di massa lampau gas bumi hanya dapat digunakan jika terdapat didekat daerah industri atau diperkotan, melalui pip. Namun akhir-akhir ini dengan teknik pencairan, terutama gas bumi yang mengandung molekul beratom C lebih besar sampai C4-C5, dapat dimampatkan menjadi cairan yang disebut elpiji.

Berbagai Sifat Fisika Gasbumi
gas biasanya diukur dalam m3 atau kaki kubik dalam keadaan baku yaitu pada temperatur 60.7oF dan tekanan 76 mmHg. Seringkali dipergunakan temperatur 20oC. Volum gas biasanya dinyatakan dalam satuan ribuan yang disingkat sebagai M.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa sih Peran Geofisikawan bagi dunia MIGAS????

Ilmu Geofisika berperan dalam membantu eksplorasi sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi. Termasuk bahan tambang yang berada...